Lifehacks Jadul Berusia 100 Tahun






14 Lifehacks Jadul Berusia 100 Tahun ini Ternyata Masih Sangat Berguna loh!

Ternyata masalah jaman dulu dengan jaman sekarang masih sama kok. Yuk kita lihat cara mengatasinya!


Pada jaman dulu kala, lifehacks untuk mempermudah hidup kita itu udah ada loh. Dengan segala keterbatasan yang ada, orang-orang jaman dulu telah menemukan berbagai cara untuk membantu segala pekerjaan mereka.
Pada awal abad ke 20, Gallaher's Cigarettes mencetak sebuah 100 kartu bertema "How to do it" yang berisikan tips yang sangat berguna untuk berbagai situasi dan masalah. Sekarang 100 koleksi kartu ini merupakan koleksi New York Public Library's George Arents dan baru-baru ini di scan.
Yuk kita lihat 14 kartu di antaranya!



14

Cara mengeluarkan serpihan kaca atau kayu di tangan.







Tanganmu kemasukan kaca atau kayu? Cara paling mudah untuk mengeluarkannya adalah dengan mengisi botol dengan lubang yang lebar, mengisinya dengan air panas hingga penuh, lalu tekan daerah yang kemasukan serpihan dengan lubang botol. Daya isapnya akan menarik kulit tanganmu turun ke bawah, dan uap panas akan mengeluarkan serpihan tersebut.





13

Cara nyalain korek api di tempat yang banyak anginnya.







Kalau lagi berusaha nyalain korek di tempat yang banyak angin, maka kikis tepi leher korek api dengan pisau atau cutter ke arah kepala korek hingga terbentuk untaian kayu. Dengan cara ini, apinya akan lebih kuat dan lebih bertahan lama.





12

Cara menentukan arah mata angin dengan jam.







Bingung arah? Jam tanganmu bisa jadi kompas loh. Arahkan jarum penunjuk jam ke arah matahari, lalu baringkan seuntai benang atau kabel atau rumput melintang di antara jarum penunjuk jam dan angka 12. Ujung kabel antara jam 12 dan jarum penunjuk jam menunjukkan arah Selatan.





11

Mengobati kaki keseleo.







Perban terlebih dahulu kakimu yang keseleo dengan kain atau handuk yang dicelupkan air dingin. Sediakan teko berisi air, lalu atur seperti pada gambar. Posisi ini akan membuat kain tersebut akan tetap basah tanpa harus dilepas-lepas. Teko yang lebih tinggi dari kaki yang keselo, dan sebuah untaian kain yang salah satu ujungnya dicelupkan ke dalam teko dan satunya lagi berada di kaki akan membuat air tetap mengalir ke perban kaki.





10

Cara mengangkat gelas air yang berat







Dengan cara yang benar, maka kamu bisa lebih mudah membawa teko air tanpa harus membuat airnya tertumpah.





9

Cara mencabut paku yang panjang.







Gunakan sebalok kayu atau apapun sebagai alas, dan manfaatkan sebagai pengungkit untuk mencabut paku dengan lebih mudah seperti pada gambar B.





8

Cara mengamankan vas berharga.







Sayang banget kan kalau vas yang kamu beli mahal-mahal malah jatuh pecah. Karena itu supaya tetap terjaga, masukkan pasir ke dalamnya sebagai pemberat. Hal ini sangat berguna untuk vas yang lebih berat di bagian atas tapi punya alas yang kecil.





7

"Menghidupkan" kembali bunga yang rusak setelah pengiriman







Untuk mengembalikan bunga yang agak layu ke kondisi semula setelah pengiriman, celupkan batang bunga ke dalam air panas, dan diamkan sampai airnya dingin. Bunga pasti akan segera kembali pulih seperti semua. Lalu potong ujung batang bunga.





6

Mengetahui kondisi kesegaran lobster.







Kalau kamu beli lobster dan pengin tahu apakah lobster yang kamu beli itu segar atau nggak, tarik aja ekornya, lalu lepaskan segera. Kalau ekornya kembali dengan tersentak, berarti lobsternya cukup segar. Tapi kalau ekornya kembali dengan kemungkinan, berarti lobster tersebut telah direbus dan disimpan selama beberapa hari.





5

Membuat tempat air minum untuk hewan peliharaan.







Dengan tempat minum sederhana ini, kamu nggak perlu repot harus mengisi terus air minum mereka dan persediaan air minum hewan peliharaanmu pun akan selalu terjaga. Buat seperti pada gambar di atas, dan atur mulut botol dengan ketinggian kira-kira setengah tinggi tempat minum.





4

Cara mendeteksi kasur yang lembab







Untuk mendeteksi kelembaban kasur yang akan kamu tiduri, misal di hotel atau penginapan, gunakan cermin kecil dan selipkan di bawah selimut dan diamkan selama beberapa menit. Cermin yang agak kabur atau berembun ketika ditarik menandakan kalau kasur tersebut cukup lembab. Jangan tidur di kasur yang lembab ya!





3

Cara mengambil pecahan gelas atau botol.







Supaya pecahan gelas yang kamu jatuhkan bisa kamu ambil dengan cepat dan bersih, gunakanlah kain yang lembut untuk mengangkat semua serpihan tersebut. Cara yang paling tepat adalah menggunakan kain bekas yang siap dibuang.





2

Menjaga gagang kuas tetap bersih dari cat







Supaya pegangan kuasnya nggak basah dan kotor, gunakan karton yang udah dilubangi dan masukkan kuas ke dalamnya, seperti pada gambar.





1

Cara membersihkan bagian dalam botol.







Untuk membersihkan bagian dalam botol, gunakanlah pasir dan air. Pasir yang halus akan membantu membersihkan bagian dalam botol. Setelah itu bilas kembali botol dengan air dan keringkan.

Gimana guys? Ternyata walau jadul, masih berguna loh. Semoga bermanfaat!
Baca Juga ...Manfaat Teh Celup Bekas
Sumber : Keepo.me

Related Posts:

0 Response to "Lifehacks Jadul Berusia 100 Tahun "

Posting Komentar